Senin, 19 Maret 2018

pelatihan tpa bappenas Jakarta

Pelatihan Tpa Bappenas Jakarta

Pelatihan Tpa Bappenas Jakarta



Tes Potensi Akademik Adalah suatu tes yang diperuntukkan mengukur kemungkinan keberhasilan seseorang apabila yang bersangkutan melanjutkan ke dunia akademik atau memangku jabatan/ golongan dimana jabatan/ golongan  tersebut membutuhkan kemampuan akademis.  Skor TPA/TKU masing-masing penyelenggara mempunyai kriteria sendiri, namun TPA/TKU yang telah umum dipergunakan dan diakui secara internasional yaitu yang diselenggarakan OTO Bappenas dan bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di dalam negeri. Skor tersebut  antara 200 s.d 800 dimana paling rendah adalah 200 dan paling tinggi (apabila benar semua) adalah 800. Seseorang dianggap mempunyai kemampuan rata-rata bila mampu mencapai skor 500 (mean). Skor TPA yang diterbitkan OTO Bappenas berlaku hingga 2 th (dua tahun) sejak tanggal tes, dan tidak dapat diperpanjang kecuali yang bersangkutan mengikuti tes TPA kembali. Materi soal TPA terdiri dari 3 subtest yang masing-masing subtest memiliki skor antara 20 s.d 80, sehingga nilai/skor total didapat dari penjumlahan skor ketiga subtest tersebut dibagi 3 dan dikalikan 10. Pelatihan TPA Bappenas Jakarta



Materi soal TPA, TBS, TKU, TKA serupa dengan GRE dan GMAT karena soal-soal TPA memang kombinasi antara keduanya. Pelatihan TPA/TKU/TKA diadakan untuk mengenalkan model Tes  dengan pertimbangan orang yang mempunyai potensi tinggi namun belum pernah mengenal bentuk soal dan strategi mengerjakan tes seleksi tersebut selalu mendapat skor/nilai yang lebih rendah bila dibandingkan dengan orang yang pernah mengikuti dan telah memahami aturan mainnya. Dengan mengikuti pelatihan ini maka nilai dapat dimaksimalkan dan skor yang didapat peserta lebih objektif, sebab bila setelah mengikuti pelatihan skor-nya tinggi maka memang objektitif tinggi dan bila rendah maka memang objektinya rendah.


Tips dari saya yang mungkin perlu dicoba: Pelatihan TPA Bappenas Jakarta
1. Persiapkan diri anda dengan latihan soal sebanyak2nya, tidak perlu memaksakan sebanyak mungkin, tetapi yang penting anda paham dan mengerti langkah per langkah bagaimana cara mengerjakannya. Tapi sebelumnya, usahakan untuk setiap soal yang anda kerjakan sederhanakan soalnya agar lebih mudah menghitung.
2. Istirahat yang cukup (tidak kurang dari 6jam), tidur sore jam9-10 dan bangun lebih pagi jam4.30-5. Pengalaman saya, belajar paling menyenangkan adalah di waktu subuh setelah solat hingga jam6 pagi. Selain badan masih segar, kondisi sekeliling rumah masih sepi karna belum ada aktifitas, udara yang kita hirup juga lebih bersih dan segar, otak dapat oksigen yang cukup, sehingga proses penyerapan informasi lebih cepat dibanding siang/malam hari.
3. Banyak membaca berita di koran untuk memperkaya perbendaharaan kata bahasa Indonesia
4. Daftarlah TPA ketika anda benar2 telah merasa siap, jangan mendadak karena butuh persiapan yang matang sebelum ikut test tersebut. It’s all about psychological environment, and offcourse motivation. Bukan hanya kondisi fisik saja, tapi juga kondisi mental dan psikologis yang perlu disiapkan.
5. Untuk soal aritmatika atau kuantitatif, banyak2lah berlatih dari buku soal yang dapat anda beli di toko buku, biasanya soal TPA satu rak dengan soal CPNS.
6. Jaga motivasi anda, jika anda memang niat mau dapat beasiswa dengan cara ambil TPA, kuatkan tekad dari awal agar niat dan motivasi anda tetap terjaga.




Bagi yang mau ikut TPA secara individual biayanya Rp250.000 transfer ke rekening BNI Cabang Dukuh Bawah Jakarta norek 101674691 a/n UPP TPA Koperasi Perencanaan. Bukti pembayaran asli harap disimpan dan dibawa ketika test dilaksanakan.


Cara Pendaftaran:
1. Buka website UPP TPA http://www.upp-tpa.com/berita/pendaftran-tpa-individual.html
2. Unduh form pendaftaran di http://upp-tpa.com/public/publikasi/1-formulir-pendaftaran-tes-individual.pdf.
3. Print formulir pendaftaran dan isikan data diri anda, sertakan pula bukti transfer. Bagi yang mau konfirmasi melalui email silakan scan formulir bersama buktu transfernya.
4. Kirim melalui fax ke (021)3911626 atau email ke upptpa@yahoo.com
5. Konfirmasikan pendaftaran ke (021)3911627
6. Biasanya mereka menerima paling lambat pendafataran 2hari sebelum test, waktu saya kemarin hari Rabu pukul 11.00 sudah harus konfirmasi pendaftaran, karena saat itu sedang banyak-banyaknya yang ingin ikut test.


Alamat test TPA: Gedung DIKLAT Bappenas, Jln. Proklamasi no.44, Jakarta Pusat. Posisinya kalo dari arah Sudirman/Thamrin ada di sebelah kanan seberang Megaria. Tetapi karena hanya 1 arah maka harus berputar ke arah Jln. Salemba Raya dan belok ke kanan ketika perempatan. Saran saya, jangan datang pagi2 atau telat. Datang pagi2 hanya akan membuat anda menunggu terlalu lama shingga akhirnya bosan. Apalagi jika anda buka2 buku contoh soal TPA, trust me it doesn’t work. Hanya akan membuat otak anda lelah dan energi terbuang sebelum waktunya. Datang telat juga sangat tidak disarankan, menunjukkan bahwa anda adalah orang yg kurang persiapan. Yang sangat disarankan datang 15menit sebelum test dimulai utk registrasi dan kelengkapan, setelah itu duduk, nikmati saja snack yg diberikan oleh panitia. Jika waktunya tiba maka seluruh peserta diminta untuk ke posisinya masing2 sesuai dengan nomor pendaftaran yg tertera di ruangan. Pelatihan TPA Bappenas Jakarta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar