Jumat, 16 Maret 2018

Tpa Bappenas itb

TPA Bappenas Itb

TPA Bappenas Itb

 

Belakangan ini, sering dibicarakan tentang Tes Potensi Akademik (TPA) di kalangan masyarakat. Tes Potensi Akademik Tpa Bappenas Itb atau yang biasa disingkat menjadi TPA merupakan tes yang mengukur kemampuan berpikir siswa, meliputi kemampuan pemahaman dan penalarannya saat ini. Tingkat kemampuan berpikir siswa ditentukan oleh kapasitas berpikir dan pengalamannya di dalam maupun luar sekolah, dan kemampuan berpikir ini berkembang sejak ia lahir hingga saat ini.

Karenanya TPA ini sering dihubungkan dengan kecerdasan seseorang. Tes Potensi Akademik identik dengan tes GRE atau Graduate Record Examination sebagai standar internasional. Model, materi, dan bidang yang diuji dalam TPA sebagian besar merujuk kepada tes GRE. Tes GRE menjadi standar internasional syarat penerimaan mahasiswa Perguruan Tinggi.

Terus bedanya apa TPA Bappenas ini sama TPA yg biasanya di sbmptn?
Beda penyelenggara aja. kalo smbptn kan secara nasional untuk tes masuk perguruan tinggi baik diploma dan S1. kalo TPA Bappenas itu yang menyelenggarakan Unit Pelayanan Penyelenggaraan Tes Potensi Akademik (UPP-TPA) Bappenas yang bekerja sama dengan program pascasarjana universitas tertentu, TpaBappenas Itb







 


Di dalam TPA, ada 3 subtes yang diujikan:

·         Kemampuan Verbal (90 s0al, 60 menit). Di bagian ini, soal-soalnya ada mengenai sinonim, antonim, analogi, dan pemahaman teks. Cukup jelas ya untuk sinonim dan antonim, kita tinggal cari kata yang memiliki makna sama atau lawan katanya saja. Untuk analogi, nanti diminita mencocokkan hubungan kata-kata yang ada di sebelah kiri dan sebelah kanan. Pemahaman teks nanti diberikan beberapa teks agak panjang dan pertanyaan-pertanyaan terkait teks tersebut.
·         Kemampuan Numerik (90 soal, 60 menit). Kalau dalam kemampuan numerik, akan diberikan soal mengenai deret, aljabar sederhana, sampai soal cerita.
·         Kemampuan Penalaran (70 soal, 60 menit). Sesuai namanya, bagian ini memang untuk menguji penalaran. Penalarannya sendiri ada dalam bentuk analisis, gambar-gambar, dan orientasi bidang.

Skor tes potensi akademik/TPA masing-masing penyelenggara mempunyai kriteria sendiri, namun TPA/TKU yang telah umum dipergunakan dan diakui secara internasional yaitu yang diselenggarakan oleh OTO Bappenas yang bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi ternama di dalam negeri. Skor tersebut antara 200 s/d 800 dimana yang paling rendah adalah 200 dan paling tertinggi (apabila jawaban benar semua) adalah 800. Seseorang dinilai mempunyai kemampuan rata-rata bila mampu mencapai skor 500 (mean). Skor tes potensi akademik yang diterbitkan OTO Bappenas berlaku hingga 2 th (dua tahun) sejak tanggal tes, dan tidak dapat diperpanjang kecuali yang bersangkutan mengikuti tes TPA kembali. Materi soal tes potensi akademik terdiri dari 3 subtest yang masing-masing subtest memiliki nilai antara 20 sampai dengan 80, sehingga nilai/skor total didapat dari penjumlahan skor ketiga subtest tersebut dibagi 3 dan dikalikan 10. TpaBappenas Itb

TPA Bappenas Itb


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar